Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Kabel Listrik

www.LISTRIKmart.com reCall: 081-228899-079 adalah supplier alat listrik yang lengkap, murah terbesar dan terpercaya. LISTRIKmart.com menjual berbagai  ribuan item alat listrik salah satunya adalah kabel listrik.Kami menyediakan berbagai macam kabel listrik antara lain : kabel NYM, kabel NYA dan kabel NYY.

Kabel listrik

Kabel listrik adalah media atau alat untuk menyalurkan energi listrik. Sebuah kabel listrik terdiri dari isolator dan konduktor. Isolator adalah bahan yang membungkus kabel yang terbuat dari karet atau plastik, sedang konduktor bahannya terbuat dari serabut tembaga atau tembaga pejal.

Kemampuan Hantar kabel listrik

Kemampuan hantar ( kemampuan conductor) sebuah kabel listrik ditentukan oleh KHA (kemampuan hantar arus) yang dimilikinya dalam satuan Ampere. Kemampuan hantar arus listrik sangat ditentukan oleh luas penampang konduktor yang ada dalam kabel listrik, sedangkan ketentuan mengenai KHA kabel listrik diatur dalam spesifikasi SPLN.

Tegangan listrik satuannya dinyatakan dalam Volt, sedang besar dayanya yang diterima dinyatakan dalam satuan Watt, yang merupakan perkalian dari :
“Ampere x Volt = Watt”
Pada tegangan 220 Volt dan KHA 10 Ampere, sebuah kabel listrik dapat menyalurkan daya sebesar 220V x 10A = 2200 Watt.


Kategori Kabel listrik berdasarkan tegangannya terdiri dari, antara lain : Kabel listrik tegangan Rendah, tegangan Menengah dan tegangan Tinggi

Sementara kabel yang biasa dipakai di instalasi rumah tinggal adalah NYA, NYM dan NYY

Kabel NYA

Kabel Listrik NYA biasa digunakan untuk instalasi rumah (housing) dan sistem tenaga. Dalam instalasi rumah digunakan ukuran 1,5 re dan 2,5 re. Mempunyai inti tunggal, mempunyai lapis bahan isolasi PVC, dan sering digunakan  untuk instalasi kabel udara. Sedang kode warna isolasi   warnanya merah, kuning, biru, hitam dan hijau kuning. Jenis tipe kabel ini umumnya  dipergunakan di perumahan karena harganya yang cenderung murah. Lapisan isolasinya hanya 1 lapis sehingga mudah sekali cacat, tidak tahan air dan mudah sekali digigit tikus. Untuk keamanannya memakai kabel tipe ini, kabel ini harus dipasang dalam pipa jenis PVC atau saluran tertutup. Sehingga tidak digigit tikus, dan jika ada isolasi yang terkelupas tidak mudah tersentuh langsung oleh orang.



NYM cable

NYM cable is often use in housing installation, buildings also power system. This cable consist of conductor that has nucleus more than one, has isolation outersheath and innersheath : white and grey. Because it has double jacket NYM cable is more than expensive than NYA cable, also the safety is better than NYA cable.
This cable can use in dry or wet environment, but it may not be planted.

NYY cable

NYY cable is electrical cable that has isolation innersheath and outersheath the colour is black. This cable has nucleus 1x, 2x, 3x, 4x and even can be 5x. A kind of application can be planted and stronger than NYM cable, and the price is more expensive than NYM cable.

Many kinds of the cable and the functions

The functions of cable in electronical technics has very important role, we are not suggested use carelessly cable before we know the construction and characteristics of cable that we will use by noticing this information we are hoped we get maximal result from our efforts.

Cable based on the function that is used for :
·         Conductor current for Power Cable
·         Conductor current for data and information

There are three important thing of cable :
  • Conductor : media for conducting electrical current
  • Isolator : dialectrict material for isolating from the conductor one to another one also to the enviroments.
  • Outer protective :   give protector to mechanics damage, the influence of electrolysis chemical material, fire or  another outdoor influences that injure.

Cable as Conductor current of Power Cable
A kind of cable often use in lighting installation or installation power of strong current they are NYA, NYAF, NYM, NYMHY, NYY, NYFGBY etc.

NYA cable : cable has nucleus conductor of single copper, has a layer from PVC isolation material.


Selain menjual alat listrik LISTRIKmart secara retail atau eceran kami juga menjualnya secara grosir.

Terima kasih atas kepercayaan anda pada usaha bisnis alat-alat listrik kami, kami akan terus memberikan yang terbaik dan terdepan dari produk-produk kami sehingga kami dapat menjadi paling tidak yang terbaik, terbesar dan terpercaya dari bisnis alat-alat listrik yang lainnya. Kami juga berusaha melayani dan bekerjasama dengan baik dengan anda. Selamat berbelanja, semoga sukses.



Posting Komentar untuk "Jenis-jenis Kabel Listrik"