Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Bisnis Ritel?

Bisnis ritel (retail) merupakan bentuk usaha bisnis jual beli barang secara ecer. Biasanya peritel (pebisnis ritel) beli dalam jumlah besar dari pabrikan maupun dari distributor kemudian dijual kembali dalam bentuk ecer (dipecah-pecah dan dijadikan ecer). Selain itu, lazimnya para pembeli adalah para end user atau pemakai langsung.

Bentuk paling umum dari bisnis ritel adalah berupa toko, baik toko-toko dipasar tradisional, di pertokoan (ruko), di mall-mall (pasar modern) maupun toko-toko perumahan disekitar tempat kita tinggal. Dalam perkembangannya, dewasa ini bisnis ritel berkembang dengan tumbuhnya usaha-usaha ritel di dunia maya (internet) berwujud toko online (onlineshop) maupun pasar online yaitu situs yang disediakan untuk para peritel bisa berjualan secara langsung pada konsumen.

Salah satu pasar online saat ini yang terkenal adalah OLX.com. Walaupun salah satu segmen yg dituju OLX adalah barang bekas pakai dan semua orang (tidak hanya peritel) bisa menjual secara langsung melalui OLX tanpa harus buat onlineshop, cukup daftar dan bisa langsung jualan secara gratis. Tapi pada kenyataaannya banyak para
pebisnis ritel memanfaatkan OLX untuk menjual secara ritel barang-barang baru dagangannya. Selain OLX tentu banyak pasar-pasar online lainnya yg menyediakan fasilitas gratis untuk jualan secara online.

Bisnis ritel memegang peranan penting dalam alur distribusi barang dari pabrikan, karena bersentuhan langsung dengan masyarakat sebagai end user.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Bisnis Ritel?"