Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Dari Peresmian PLT Biomassa di Siberut

Jakarta, Listrikmart.com - Hari Kamis, 19 September 2019 telah diresmikan sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) di Desa Saliguma, Pulau Siberut. Peresmian ini dilakukan oleh Bambang Brodjonegoro selaku Menteri PPN atau Kepala Bappenas. Berita update listrik ini bisa mengembangkan ide-ide inovatif untuk siapa saja yang ingin membuka bisnis listrik.

Peresmian PLTBm Untuk Peluang Usaha

Pembangkit Tenaga Listrik Biomassa yang diresmikan di salah satu desa di Pulau Siberut ini merupakan bentuk hibah dari Millenium Challenge Corporation. Hibah dari Kementerian PPN ini memberikannya langsung kepada Pemerintah Kabupaten Mentawai. Untuk pengelolaannya sendiri akan dilakukan oleh PLN setempat dan Perusahaan Daerah Kemakmuran Mentawai.

Bisnis di bidang listrik bisa menjadi inovasi yang tepat atas berita menggembirakan ini. Adapun peluang bisnis listrik yang bisa diberdayakan di sekitar Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa ini tak jauh dari bambu. Ya, telah diketahui bahwa bambu menjadi bahan utama dari berjalannya pembangkit listrik ini.

Ada tiga langkah awal yang bisa diambil untuk memulai sebuah bisnis di bidang kelistrikan. Tiga hal tersebut antara lain menyiapkan modal awal, menentukan harga jual, dan melakukan promosi yang benar. Berikut adalah uraian satu per satu dari langkah-langkah ini.

Semua bisnis atau usaha membutuhkan sebuah modal awal sebagai kaki dari sebuah bisnis. Peluang usaha listrik bisa dimulai dengan melakukan survei berupa biaya-biaya yang akan dibutuhkan. Salah satu biaya yang harus diketahui adalah biaya sewa atau beli ruko.

Tak hanya ruko saja, bisa juga digunakan tempat usaha baik itu berupa rumahan atau properti lainnya. Memilih ruko atau tempat usaha juga sebaiknya dipilih di sebuah tempat yang strategis supaya mudah dijamah pelanggan. Pilih juga wilayah yang jauh dari pesaing usaha listrik untuk memaksimalkan keuntungan.

Dengan adanya berita update listrik di atas harus ditentukan harga jual akan berpengaruh pada sukses tidaknya suatu bisnis. Disarankan untuk mengambil keuntungan yang besar pada barang yang modalnya kecil, dan mengambil keuntungan yang kecil pada barang yang membutuhkan modal besar. Keuntungan yang bisa dipilih berkisar antara 10 sampai 50 persen dari modal.

Langkah akhir untuk suksesnya bisnis berupa promosi. Dengan melakukan promosi yang baik, maka akan baik juga dampaknya. Promosi bisa dilakukan di internet atau selebaran.

Siap Memulai

Berita update listrik di atas memang merupakan kabar gembira sekaligus menghasilkan ide menarik untuk mulai berbisnis. Dengan mengantongi beberapa langkah awal di atas Anda bisa segera memulai bisnis listrik. Bahkan langkah awal di atas dinilai mudah untuk dilakukan.

Setelah mendapatkan tempat usaha atau ruko yang tepat, Anda bisa segera mencari barang-barang yang akan Anda jual dan menentukan harga jualnya. Sebagai langkah akhir, jangan lupa untuk  melakukan promosi yang baik supaya bisnis Anda laris.

Berwirausaha membutuhkan konsistensi dan kesabaran supaya bisa meraup keuntungan yang besar. Mungkin di awal Anda akan diberi cobaan, namun jika Anda tetap konsisten yakinilah bahwa bisnis Anda juga akan berhasil nantinya. Apalagi, adanya PLTBm di Desa Saliguma ini bakal membuat warga sekitar membutuhkan bisnis bidang listrik.

Penulis: Shara Nurrahmi, S.Pd Editor: Admin Sumber: Detik


Posting Komentar untuk "Peluang Usaha Dari Peresmian PLT Biomassa di Siberut"