Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Budaya Kerja Perusahaan Ala Jepang

Budaya Kerja Perusahaan Ala Jepang atau terkenal dengan sebutan 5R (Lima R) yang terbukti sukses dijalankan diberbagai perusahaan di dunia adalah sebagai berikut:

  1. RINGKAS 
    Artinya Pemilahan dan Seleksi barang yang terpakai dan sudah tidak terpakai, seleksi barang bagus dan barang sudah tidak bagus lagi, pilah antara barang yang masih diperlukan dan barang yang sudah tidak diperlukan lagi.


Pilah atau seleksi barang berdasarkan:
a.  Frekuensi: barang sering terpakai, jarang terpakai dan barang sudah tidak terpakai
b.  Fungsi: barang bagus, perlu perbaikan dan sudah rusak.

Keterangan:

Merupakan kegiatan memilah segala barang yang benar-benar diperlukan dan kemudian menyingkirkan yang tidak diperlukan dari tempat kerja. Semisal: Untuk segera menyingkirkan, memisahkan dan membuang tumpukan kertas atau peralatan, spare parts bekas yang tidak lagi dibutuhkan secara periodik.

  1. RAPI
    Artinya: Identifikasi, Pengaturan barang, Penataan barang dan penyimpanan barang sesuai klasifikasi atau sesuai kategori atau sesuai ketentuan agar mudah diingat dan mudah digunakan.


Keterangan:

Merupakan kegiatan menata tata letak peralatan dan atau perlengkapan kerja dengan rapi sehingga memudahkan untuk mengingat, mencari, menemukan, serta mengembalikan ke tempat semula. Semisal: Data penjualan dikumpulkan jadi satu dengan data penjualan, data karyawan dikumpulkan jadi satu dengan data karyawan.

  1. RESIK
    Artinya melakukan bersih-bersih (pembersihan) baik perlengkapan, peralatan maupun lingkungan kerja. dari debu, sampah, coretan dll. Seiso/Resik: Jaga Kebersihan alat dan lingkungan kerja


Keterangan :

Merupakan kegiatan bersih-bersih dokumen, perlengkapan, peralatan, mesin dan lingkungan tempat kerja dari debu, sampah maupun kotoran-kotoran lainnya. Semisal: Membersihkan gudang yang sebelumnya sudah dirapikan sehingga bersih dan rapi laksana d ruangan kantor yang bersih rapid an kinclong.

  1. RAWAT
    Artinya: Memelihara, merawat dan tindakan pengendalian berkelanjutan secara periodic dan konsisten agar lingkungan selalu bersih terjaga, rapi dan terawat.


Keterangan:

Merupakan kegiatan memelihara dan merawat perlengkapan kerja, peralatan kerja, fasilitas tempat kerja, lingkungan kerja secara periodic dan teratur. Semisal: menjadwal kegiatan menyapu ruangan rutin harian.

  1. RAJIN
    Artinya pembiasaan 4R sebelumnya menjadi kebiasaan sehari hari sehingga menjadikan kebiasaan yang positif dan menciptakan budaya disiplinkerja yang kokoh.


Keterangan:

Merupakan upaya bagaimana membumikan 4R menjadi sebuah kebiasaan pribadi maupun kelompok sehingga menghasilkan disiplin kerja yang kokoh.

10 komentar untuk "Budaya Kerja Perusahaan Ala Jepang"

  1. RINGKAS
    Artinya Pemilahan dan Seleksi barang yang terpakai dan sudah tidak terpakai, seleksi barang bagus dan barang sudah tidak bagus lagi, pilah antara barang yang masih diperlukan dan barang yang sudah tidak diperlukan lagi.

    BalasHapus
  2. RAPI
    Artinya: Identifikasi, Pengaturan barang, Penataan barang dan penyimpanan barang sesuai klasifikasi atau sesuai kategori atau sesuai ketentuan agar mudah diingat dan mudah digunakan.

    BalasHapus
  3. RESIK
    Artinya melakukan bersih-bersih (pembersihan) baik perlengkapan, peralatan maupun lingkungan kerja. dari debu, sampah, coretan dll. Seiso/Resik: Jaga Kebersihan alat dan lingkungan kerja

    BalasHapus
  4. RAWAT
    Artinya: Memelihara, merawat dan tindakan pengendalian berkelanjutan secara periodic dan konsisten agar lingkungan selalu bersih terjaga, rapi dan terawat.

    BalasHapus
  5. RAJIN
    Artinya pembiasaan 4R sebelumnya menjadi kebiasaan sehari hari sehingga menjadikan kebiasaan yang positif dan menciptakan budaya disiplinkerja yang kokoh.

    BalasHapus
  6. Merupakan kegiatan memilah segala barang yang benar-benar diperlukan dan kemudian menyingkirkan yang tidak diperlukan dari tempat kerja. Semisal: Untuk segera menyingkirkan, memisahkan dan membuang tumpukan kertas atau peralatan, spare parts bekas yang tidak lagi dibutuhkan secara periodik.

    BalasHapus
  7. Merupakan kegiatan menata tata letak peralatan dan atau perlengkapan kerja dengan rapi sehingga memudahkan untuk mengingat, mencari, menemukan, serta mengembalikan ke tempat semula. Semisal: Data penjualan dikumpulkan jadi satu dengan data penjualan, data karyawan dikumpulkan jadi satu dengan data karyawan.

    BalasHapus
  8. Merupakan kegiatan bersih-bersih dokumen, perlengkapan, peralatan, mesin dan lingkungan tempat kerja dari debu, sampah maupun kotoran-kotoran lainnya. Semisal: Membersihkan gudang yang sebelumnya sudah dirapikan sehingga bersih dan rapi laksana d ruangan kantor yang bersih rapid an kinclong.

    BalasHapus
  9. Merupakan kegiatan memelihara dan merawat perlengkapan kerja, peralatan kerja, fasilitas tempat kerja, lingkungan kerja secara periodic dan teratur. Semisal: menjadwal kegiatan menyapu ruangan rutin harian.

    BalasHapus
  10. Merupakan upaya bagaimana membumikan 4R menjadi sebuah kebiasaan pribadi maupun kelompok sehingga menghasilkan disiplin kerja yang kokoh.

    BalasHapus