Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persamaan Sepakbola dan Usaha Ritel

Sepakbola saat ini adalah olahraga paling digandrungi di dunia. Dari masyarakat biasa sampai dengan penguasa, dari santri sampai kiai, dari karyawan sampai pengusaha, dari anak-anak sampai orang tua banyak yang gandrung dengan bola.

Strategi Dalam Sepakbola

Bukan tanpa alasan sepakbola digandrungi banyak kalangan. Dikarenakan banyak hal menarik di sepakbola, terutama dalam hal strategi bermain sepakbola. Sang pelatih haruslah mampu meracik strategi yang tepat. Semua sektor dari kiper, back, gelandang, playmeker sampai striker harus kompak dan bermain dengan apik serta harus mampu menerjemahkan strategi pelatih dilapangan dengan benar dan berdisiplin. Bila ada satu bagian saja yang tidak kompak atau tidak mampu menerjemahkan strategi pelatih dengan benar atau lengah (tidak disiplin) akan berakibat fatal yang berujung kebobolan gawangnya sehingga kalah dalam permainan. Semisal back yang ditugaskan menjaga area pertahanan tidak disiplin dan maju terlalu kedepan akan betakibat striker lawan bisa leluasa tanpa penjagaan dan membuat gol. Pastilah pada akhirnya kekalahan yang di dapat.

Persamaan Dengan Bisnis Ritel

Bisnis ritel sebagaimana sepakbola adalah sebuah usaha bisnis yang terdiri dari berbagai sektor bagian terkait, dimana bagian satu dengan lainnya saling terkait. Dintaranya meliputi: bagian pembelian, bagian penjualan dan bagian administrasi keuangan. Untuk ritel modern dan ritel yang sudah besar, maka bagian-bagian tersebut juga semakin komplek. Semisal pada sebuah minimarket alat listrik, terdapat bagian kepala toko, merchandiser, pramuniga dan kasir. Tentu dari kesemua bagian tersebut harus kompak dan mampu menerjemahkan instruksi manajemen baik berupa strategi pemasaran, strategi promosi dan melaksanakan SOP perusahaan dengan baik. Bila saja salah satu bagian tidak berjalan dengan baik atau semisal tidak berdiiplin, maka akan sangat menganggu bagian lainnya sehingga bisa berpengaruh buruk dalam pencapaian di minimarket listrik tersebut terutama yang berhubungan dengan omzet penjualan minimarket listrik. Bila omzet penjualan rendah secara otomatis potensi untung menjadi kecil bahkan bisa berakibat pada kerugian.

Posting Komentar untuk "Persamaan Sepakbola dan Usaha Ritel"