Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Menentukan Lokasi Toko (Bagian 1)

Oleh: Krisna Brawijaya *)

# menentukan lokasi toko berdasar kebutuhan calon pembeli (pasar) dan tidak berdasar keinginan calon penjual semata #




 Saat kita ingin mendirikan toko, salah satu yang dipikirkan adalah dimana lokasi toko yang tepat kita dirikan? Di dunia ilmu ritel sering kita dengar istilah Lokasi Lokasi dan Lokasi. Sekali kita salah menentukan lokasi, sama artinya dengan toko kita tutup sebelum buka.
Menentukan lokasi toko tidaklah mudah dan tidak pula sulit. Mudah asal tahu carannya dan sulit kalau tidak tahu caranya.
Para pebisnis pemula seringkali salah menentukan lokasi toko, bisa jadi karena terlalu semangat mendirikan toko dan kurang pertimbangan, yang penting dapat lokasi. Bisa juga karena kurangnya pengalaman dan ilmu mendapatkan lokasi yang baik.
Lalu.. Bagaimana cara menentukan lokasi toko yang baik dengan cara mudah? Dalam artikel kali ini akan kita kupas salah satu cara menentukan lokasi, yaitu:
Ikuti Kebutuhan Pasar
Apa artinya ikuti kebutuhan pasar? Begini, pasar dari toko yang akan didirikan adalah para calon pembeli yang berada di sekitar lokasi toko. Artinya barang dagangan yang akan kita jual nantinya adalah merupakan kebutuhan atau dibutuhkan dari calon pembeli (pasar) yang berada di lokasi toko. Jadi pastikan bahwa pasar benar-benar membutuhkan produk yang akan dijual oleh toko.
Ikuti kebutuhan pasar. Pasar butuh apa, itu yang akan kita jual. Tidak mungkin to, kita bikin toko pertanian di tengah-tengah perumahan. Tentu lebih cocok didirikan toko listrik di tengah-tengah perumahan. Dan toko pertanian cocok didirikan di desa-desa sentra pertanian.
Ikuti kebutuhan pasar dimana toko akan didirikan dan jangan hanya berdasar keinginan anda sebagai calon penjual untuk cepat-cepat mendirikan toko dan mengabaikan kebutuhan calon pembeli. Langkah efektif untuk mengetahui bahwa barang dagangan toko yang akan didirikan nanti berada di lokasi yang tepat perlu kiranya dilakukan pengamatan dan survey lebih lanjut.
Kesimpulannya: Jika keberadaan toko yang akan didirikan nantinya benar-benar dibutuhkan oleh pasar, maka bisa dikatakan bahwa lokasi didirikan toko tersebut adalah lokasi yang tepat.

 *) Penulis adalah Senior Sales Administration di Listrikmart
Pelopor #1 Paket Usaha Listrk di Indonesia

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Menentukan Lokasi Toko (Bagian 1)"