Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PASOKAN LISTRIK TERGANGGU KARENA AKSI RICUH DI WAMENA

Jakarta, Listrikmart.com – Berita update listrik kali ini datang dari berujungnya ricuh sebuah aksi di Wamena yang terjadi sejak Senin, 23 September 2019 lalu. Demo di Wamena, Pua ini tadinya berjalan cukup kondisional dan akhirnya berujung ricuh. Siswa-siswi sekolah dasar dan sekolah menengah atas di sekitar aksi ricuh ini dipulangkan dengan alasan keamanan. Usaha listrik sekitar menjadi terganggu pasokannya karena hal ini.

Demo yang Berujung Ricuh

Telah tercatat sedikitnya ada 318 mahasiswa yang turun serta dalam aksi demo di Wamena kemarin. Adapun mahasiswa yang ditangkap diketahui karena melakukan tindakan anarkis seperti mengganggu keamanan dan merusak fasilitas umum. Aksi yang berujung ricuh ini mengganggu jalannya fasilitas umum seperti listrik. Namun sayangnya, saat itu petugas tidak bisa segera memperbaikinya dikarenakan kondisi yang masih panas.

Dwi Suryo selaku Vice President Public Relation dari PLN pada Senin, 23 September 2019 malam kemarin memberikan pernyataan. Pernyataan tersebut menjelaskan bahwasannya sampai malam pembangkit listrik di Wamena hanya bisa beroperasi dengan penyulang. Diketahui sampai jam tujuh malam tersisa sekitar 1300 kilowatt.

Beberapa penyulang padam saat itu, gangguan operator juga terjadi, lebih buruknya lagi saat itu petugas belum bisa menuju langsung ke lokasi pembangkit PLTMH. Presiden RI saat itu memberikan statement bahwa aksi anarkis tersebut tak lain disebabkan karena tersebarnya hoax. Terkait hoax apa yang menyulutnya, beliau tak menjelaskan.

Jokowi juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak langsung percaya pada isu yang tidak valid atau tidak benar. Dengan tersebarnya hoax-hoax yang dilakukan oknum tak bertanggung jawab, bisa terjadi tindak keanarkisan yang merugikan berbagai pihak. Contohnya saja, siswa-siswi yang sedang sekolah terpaksa dipulangkan, begitu juga dengan fasilitas umum yang menjadi rusak.

Jokowi menambahkan, jika muncul sebuah isu lebih baik dilakukan kroscek sehingga jangan langsung percaya terhadap berita yang tersebar di sosial media atau berita dari mulut ke mulut. Berita update listrik berupa rusaknya pembangkit listrik di Wamena ini tentu merugikan banyak orang.

Kewaspadaan Untuk Pelaku Bisnis Listrik

Berita update listrik diatas memang memberikan kabar buruk untuk berbagai pihak. Namun, untuk mereka yang menjadikannya sebagai peluang usaha listrik bisa menjadi acuan untuk bisnis yang dijalankan kedepannya. Pebisnis harus lebih berhati-hati dan bisa mereka yang bisnisnya berjalan untuk pasokan listrik juga perlu menyiapkan rencana cadangan.

Meskipun pemerintah sudah menghimbau masyarakat untuk tidak langsung termakan isu hoax, namun tetap saja hal seperti diatas tak bisa dihindari. Kabar diatas juga bisa memunculkan peluang bisnis listrik untuk memiliki inovasi sebuah cadangan listrik dalam bentuk apa saja. sehingga, apabila hal buruk ini terulang, pebisnis bisa memanfaatkannya dengan tepat.

Penulis: Shara Nurrahmi, S.Pd

Editor: Admin

Sumber: Detik


Posting Komentar untuk "PASOKAN LISTRIK TERGANGGU KARENA AKSI RICUH DI WAMENA"