Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RASIO ELEKTRIFIKASI MENINGKAT, SEMUA DESA DI NATUNA BISA NIKMATI LISTRIK


Jakarta, Listrikmart.com – Meningkatnya rasio elektrifikasi di Indonesia berbuah berita update listrik di Kabupaten Natuna, tepatnya pada tanggal 26 September 2019. Telah diketahui bahwa pasokan listrik meningkat di Kabupaten Natuna yang mana peningkatan ini mencapai skala 97% dari sebelumnya. Total sebanyak 67 desa di Kabupaten Natuna telah mendapatkan fasilitas listrik ini atas program Nawa Cita dari Jokowi berupa 35 ribu Mega Watt listrik.

Akhirnya Semua Pulau Berpenghuni Terpasok Listrik

Warga Kabupaten Natuna tentunya senang hal ini terjadi. Ada sebanyak 154 pulau di Kabupaten Natuna yang mana berpenghuni sebanyak 27 pulau saja. Diketahui pada tahun 2014 lalu sebenarnya sudah ada listrik di kepulauan ini, hanya saja pasokan listrik tersebut hanya menjangkau beberapa pulau saja. Adapun pulau yang terpasok listrik sejak 2014 ini antara lain Pulau Serasan, Natuna, Midai, dan Sedanau.

Program Nawa Cita yang dilaksanakan Jokowi ini berupa penyelesaian infrastruktur sepuluh pulau terdepan. 10 pulau terdepan ini tak lain adalah Pulau Selaut, Seluan, Batu Berian, Kerdau, Panjang, Sededap, Tanjung Kumbik, Sabang Mawang, Subi, Laut, dan 32 desa lainnya.

Pasokan listrik yang diberikan untuk seluruh pulau berpenghuni di Kabupaten Natuna merupakan realisasi dari visi peningkatan SDM Unggul. Visi ini dinilai bisa terwujud secara efektif dengan melakukan pengadaan listrik yang mana secara tidak langsung bisa meningkatkan giat ekonomi, sosial, hingga pendidikan. Tentu saja pasokan listrik ini menjadi peluang bisnis listrik untuk warga disana.

Dwi Suryo Abdullah selaku Vice President Public Relation PLN menyatakan bahwa pengadaan listrik di daerah ini bukanlah hal yang mudah, diperlukan semangat dan optimisme besar dari PLN untuk merealisasikannya. Diperlukan kerjasama antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah supaya bisa mewujudkan elektrifikasi ini guna sebagai daerah perbatasan negara yang nyata.

Peluang usaha listrik bisa ditemukan di bagian utara Natuna yang mana disana sudah diberi penerangan listrik untuk penjagaan. Penerangan di Pulau Sakatung diadakan untuk mewujudkan infrastruktur yang lengkap dan memadai serta menjaga kedaulatan negara.

Peluang Usaha Listrik Terbuka Lebar

Telah dinilai bahwa meskipun listrik di Pulau Sakatung ini tidaklah terlalu besar namun dinilai sudah cukup untuk memberikan pengamanan di malam hari. Berita update listrik ini menjadi kabar menggembirakan bahwasanya pemerintah telah terbukti mampu merealisasikan infrastruktur.

Berita update listrik diatas telah memberikan inspirasi dan inovasi bagi para pebisnis yang ingin membuka sayap bisnisnya ke bidang listrik. Adanya pasokan listrik di Kabupaten Natuna memang benar bisa memberikan inovasi bisnis listrik yang mana diikuti dengan peluang sukses yang besar.

Usaha listrik yang bisa diterapkan disini antara lain usaha untuk mereka yang ingin membayar tagihan listrik, usaha pulsa, warung internet, usaha toko elektronik, dan masih banyak lagi.

Penulis: Shara Listrikmart

Editor: Admin

Sumber: Detik


Posting Komentar untuk "RASIO ELEKTRIFIKASI MENINGKAT, SEMUA DESA DI NATUNA BISA NIKMATI LISTRIK"