Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RASIO ELEKTRIFIKASI MENINGKAT, PELUANG USAHALISTRIK ALTERNATIF



Jakarta, Listrikmart.com – 06 Oktober 2019 - Rencana pemerintah menyediakan akses listrik merata di seluruh tanah air bukan isapan jempol belaka. Baru-baru ini, PLN mengatakan adanya peningkatan rasio elektrifikasi menjadi 98% dalam berita update listrik. Akses listrik yang tidak merata memang menjadi masalah selama bertahun-tahun. Medan yang sulit dijangkau menjadi alasan pemerintah sulit menjangkau beberapa daerah terpencil.

Inovasi PLN di Bidang Kelistrikan

Tak hanya meningkatkan rasio elektrifikasi, PLN juga mendorong inovasi di bidang kelistrikan. PLN pun menggagas acara Friday Innovation Night 2019 untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penggunaan listrik. Yuddy Setyo Wicaksono selakuk Senior Executive Vice President Business dan Pelayanan Pelanggan PLN menyatakan keberpihakan PLN dalam perubahan gaya hidup masyarakat pada berita update listrik.

Dalam acara tersebut, PLN memperkenalkan beberapa moda transportasi yang ramah lingkungan. Berbagai inovasi PLN di bidang kelistrikan pun mulai disosialisasikan kepada masyarakat. PLN ingin menggandeng lebih banyak peluang usaha listrik yang bertumpu pada sumber daya alternatif. Dengan begini, kebutuhan listrik tetap tercukupi dan ramah lingkungan.

PLN sendiri sudah melakukan program pemberdayaan listrik alternatif di masyarakat. Salah satunya pengenalan kompor induksi yang bisa menghemat penggunaan listrik. Selain itu, PLN juga merilis motor listrik serta panel surya yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga. Penggunaan sumber daya listrik alternatif dinyatakan mampu mempercepat program pemerataan listrik nasional.

Setidaknya, PLN bisa mengalokasikan penggunaan listrik di beberapa daerah padat ke daerah terpencil. Tidak hanya menggandeng masyarakat umum, PLN pun merangkul para pengusaha kuliner di Jakarta dan Banyuwangi. PLN berharap adanya inovasi baru yang dilirik sebagai bisnis listrik terkini. Hal ini memungkinkan para milenial di pedesaan dapat merasakan akses listrik.

Menemukan Inovasi Terbaru Dalam Konsumsi Listrik

Inovasi listrik alternatif memang tengah digalakkan oleh pemerintah. Bukan hanya PLN yang mulai fokus meramu inovasi terkini, namun masyarakat dunia. Diketahui dari berita update listrik, beberapa negara besar sudah mulai mencari sumber daya listrik alternatif. Ini dimaksudkan untuk mengurangi dampak penggunaan listrik terhadap kehidupan manusia. Keberlangsungan bumi menjadi standar utama gerakan eco lifestyle ini.

Beragam usaha listrik alternatif pun mulai dikembangkan. Semakin meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap kondisi lingkungan ternyata berbanding lurus dengan tingginya penggunaan listrik alternatif. Kondisi ini tentu menjadi ide bisnis baru bagi kalangan pengusaha, terutama di bidang kelistrikan, seperti kendaraan ramah lingkungan hingga panel surya yang bisa menghemat pengeluaran bulanan.

Anda bisa melirik salah satu peluang bisnis listrik yang tengah diminati. Perlu diketahui, usaha ini tidak terbatas pada sistem promosi saja. Anda harus mempertimbangkan inovasi yang bisa berdampak lingkungan. Ini akan menjadi poin plus bagi masyarakat dan penggiat lingkungan untuk turut menggunakan produk atau jasa Anda. Di Indonesia, belum terlalu banyak usaha yang melibatkan listrik alternatif untuk seluruh proses usaha.

Penulis: Shara Listrikmart

Editor: Admin

Sumber: Kompas


Posting Komentar untuk "RASIO ELEKTRIFIKASI MENINGKAT, PELUANG USAHALISTRIK ALTERNATIF"