Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PLN DAN PERTAMINA BUATPELUANG USAHA SUBSTANSI BARU

Jakarta, Listrikmart.com –Berita update listrik yang masih hangat diperbincangkan sekaligus menuai banyak pujian dari dua perusahaan besar negara yaitu PLN dan PT Pertamina. Dua perusahaan ini bekerja sama untuk menggarap bisnis patungan atau joint venture yang berupa pengadaan listrik berbasis gas. Ada pun gas yang dimaksud adalah gas alam cair (LNG) yang mana merupakan energi terbarukan.

Anak Perusahaan Dari Keduanya dan Perkembangannya

PT Pertamina dan  PLN masing-masing membuat anak perusahaan untuk fokus pada bisnis patungan ini. PLN membuat PT Indonesia Power. Sedangkan PT Pertamina Power Indonesia adalah anak perusahaan PT Pertamina. 

Peluang usaha listrik ini menggunakan energi terbarukan berupa gas alam. Ginanjar selaku Presiden Direktur PPI dalam siaran pers. Sejak Kamis kemarin hingga Sabtu tanggal 05 Oktober 2019 ini, Ginanjar menyatakan bahwa peluang bisnis listrik ini bisa ditangani sendiri oleh anak bangsa. Pasalnya, sampai sekarang pun memang tak bisa dipungkiri prestasi-prestasi anak bangsa yang luar biasa.

Selain usaha listrik baru yang dikembangkan oleh PLN dan PT Pertamina, berita update listrik juga mengabarkan adanya kerjasama lain antara dua perusahaan ini. Kerjasama tersebut tak lain adalah kerjasama di bidang operation and maintenance atau O&M. Tak hanya itu saja, mereka juga bekerja sama sebagai developer independent power production.

Adapun developer tersebut bergerak di bisnis listrik yang memanfaatkan gas alam. Dikabarkan bahwaPPI telah mengembangkan PLTGU atau Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap hingga mencapai daya 1760 Mega Watt. Perkembangan ini mencapai tahap konstruksi. Diperkirakan proyek ini akan berakhir dan beroperasi pada tahun 2021 mendatang.

Energi Terbarukan Untuk Bisnis Listrik

Tak hanya apa yang sedang digarap PLN dan PT Pertamina saja yang bisa menghasilkan keuntungan dalam berbisnis. Anak bangsa juga bisa mengembangkan listrik berbasis energi terbarukan lainnya selain menggunakan gas alam. Bahkan Presiden Direktur dari PPI sendiri sudah percaya bahwa anak bangsa mampu menanganinya.

Jadikan berita update listrik kali ini sebagai inovasi atau motivasi dalam merancang bisnis berpotensi maju yang menjadikan listrik sebagai produk utamanya. Bisa dikembangkan listrik yang ditenagai energi terbarukan lain. Dengan bekerja sama dengan ahlinya, atau mahasiswa yang berprestasi dalam dunia energi pastinya akan menghasilkan suatu ide bisnis yang akan cepat berkembang.

Mengapa demikian? Selain mengenalkan prestasi anak bangsa terhadap negara mereka sendiri, bisnis listrik yang diusung dari ide mereka tak membuat pebisnis pusing memikirkan bagaimana mencari inovasi yang terbarukan dan sekiranya sukses. Pebisnis juga tak perlu mendatangkan ahli energi dari luar untuk membuat ide bisnis dari energi terbarukan. 

Apakah bisnis listrik yang berasal dari energi terbarukan ini berpotensi sukses? Tentu saja, pasalnya listrik yang selama ini kita gunakan tak bisa berpacu pada batubara terus-menerus.

Penulis: Shara Listrikmart

Editor: Admin

Sumber:Kompas


Posting Komentar untuk "PLN DAN PERTAMINA BUATPELUANG USAHA SUBSTANSI BARU"