Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Kabel-Kabel Listrik

Kabellistrik adalah sebuah media untuk menyalurkan energi listrik dan kabel listrik terdiri dari isolator dan konduktor.Bahan Isolator adalah bahan pembungkus kabel yang biasanya terbuat dari bahan thermoplastik atau thermosetting, sedangkan bahan konduktornya terbuat dari bahan tembaga ataupun aluminium


Kemampuan Hantar Kabel Listrik

Kemampuan hantar sebuah kabel listrik ditentukan oleh KHA (kemampuan hantar arus) yang dimilikinya, sedang parameter hantaran listrik ditentukan dalam satuan Ampere. Kemampuan menghantarkan  arus ditentukan oleh luas penampang konduktor yang ada dalam kabel listrik, sedang ketentuan mengenai KHA kabel listrik diatur dalam spesifikasi SPLN. Tegangan listrik dinyatakan dalam Volt, besar daya yang diterima dinyatakan dalam satuan Watt, yang merupakan hasil perkalian yaitu dari  Ampere x Volt = Watt. Pada tegangan 220 Volt dan KHA 10 Ampere, berarti sebuah kabel listrik dapat menyalurkan daya sebesar 220V x 10A = 2200 Watt.
 

Beberapa Jenis Kabel Listrik:

Untuk sebuah instalasi listrik dibutuhkan berbagai macam jenis KABEL LISTRIK (electrical wire / cable). Dalam memilih kabel kita harus tahu jenis kabel dan fungsi dari kabel tersebut. Berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis kabel-kabel listrik berdasar bahan dan bentuknya, diantaranya :

KABEL LISTRIK NYA

Kabel Listrik NYA berinti tunggal, berlapis bahan PVC isolation, digunakan untuk instalasi luar/kabel udara, kode warna (colour code) isolasi ada merah, kuning, biru dan hitam, lapisan isolasinya hanya satu lapis sehingga mudah cacat, tidak tahan air dan mudah digigit tikus. Supaya aman memakai kabel ini, maka kabel harus dipasang dalam pipa jenis PVC/saluran tertutup, sehingga lebih aman.

KABEL LISTRIK NYM

Kabel Listrik NYM memiliki lapisan isolasi PVC, ada yang berinti 2, 3, dan 4, kabel NYM memiliki lapisan isolasi dua lapis sehingga tingkat keamanannya lebih baik dari kabel NYA sehingga dapat digunakan dilingkungan kering dan basah namun tidak boleh ditanam.

KABEL LISTRIK NYAF

Kabel Listrik NYAF merupakan jenis kabel fleksibel dengan penghantar tembaga serabut berisolasi PVS. Digunakan untuk instalasi panel-panel yang memerlukan fleksibilitan yang tinggi.

KABEL LISTRIK NYY

Kabel Listrik NYY memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna hitam) ada yang berinti 2,3, dan 4. Kabel NYY dipergunakan untuk instalasi tertanam (kabel tanah) dan memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat dari kabel NYM (harganya lebih mahal dari NYM) kabel NYY memiliki isolasi yang terbuat dari bahan yang tidak disukai tikus.

Katregori Kabel Listrik berdasarkan Tegangan

Kabel Listrik berdasar tegangannya, antara lain terdiri dari: 1. Kabel listrik Tegangan Rendah 2. Tegangan Menengah 3. Tegangan Tinggi.

Note: Untuk berbagai kebutuhan kabel listrik hubungi Grosir Alat Listrik ListrikMart.com SMS 0878-3288-7779 atau 081-228899-079

Posting Komentar untuk "Jenis Kabel-Kabel Listrik"