Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Stabilizer atau Stavol

Seringkali kita menjumpai kejadian tegangan listrik PLN dirumah kita, di kantor tempat kita bekerja atau di tempat lainnya mengalami perubahan tegangan secara mendadak. Yang paling sering adalah naik turunnya voltase listrik, hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada peralatan listrik dan peralatan elektronik yang kita punya. Pada saat itulah biasanya kita menggunakan Peralatan Listrik yang bernama stavol atau stabilizer

 

Apa Itu Stabilizer atau Stavol?

STAVOL ( STAbilizer VOLtage ) atau stabilizer adalah alat untuk menstabilkan voltase listrik yang sering naik turun. Oleh karena itu untuk menhindari kerusakan pada peralatan listrik yang kita punya sebaiknya gunakanlah stavol/stabilizer untuk menstabilkan tegangan listrik ditempat anda.

Bagaimana Stabilizer atau Stavol Bekerja?

Bila ada tegangan listrik PLN turun maka alat listrik stabilizer atau stavol ini akan menaikkan tegangan tersebut sesuai dengan permintaan seumpama tegangan turun sampai 170v maka stavol akan menaikkan tegangan ke 220v, sedangkan kalau tegangan naik sampai 280v alat ini akan menurunkan tegangan ke 220v, sehingga tegangan akan selalu stabil di posisi 220v. Untuk konsumsi tegangan stavol tergantung pada kegunaanya, kalau hanya untuk komputer maka gunakan stavol dengan ukuran 500w-750w sudah cukup. Salah satu merk stavol yang terkenal dijual dipasaran adalah merk Matsunaga dan Fujilight. (Note:  Butuh Stabilizer / Stavol Fujilight? Call LISTRIKmart 0878-3288-7779 atau 081-228899-079)

AC Automatic Voltage Regulator atau lebih dikenal STAVOL, adalah sebuah peranti yang wajib dimiliki untuk mengatasi Tegangan listrik yang kurang stabil. Kualitas stavol adalah untuk stavol nya sendiri presisi-crafted, akurat dan efisiensinya tinggi- unit-unit ini menawarkan berbagai kualitas taranya termasuk koreksi yang cepat, distorsi nol gelombang, berbagai tegangan input dan kompak dan konstruksi ringan. Unit stavol ideal untuk semua alat  listrik/ aplikasi tegangan input yang konstan.
  

Kadang kita sering bertanya, Kenapa sih kita harus pakai stavol?

Jawabnya: Karena stavol berfungsi untuk menjaga peralatan kita agar tidak rusak dari akibat kekurangan konsumsi tenaga listrik. Contoh: Pada Kulkas sebaiknya tegangan listrik nya jangan sampai kurang dari 220V, fungsinya untuk menggerakkan kompressor, jika kurang dari 220V maka kulkas  pada kompressornya kekurangan tenaga listrik, atau contoh lain: Sebaiknya CPU komputer jangan dihidupkan pada tegangan listrik kurang dari 220V, selanjutnya Regulator power supply nya akan dipacu untuk menyalakan CPU, sehingga Transistor di rangkaian regulator akan terlalu banyak beban ( overload ), yang akan dapat menyebabkan kerusakan pada regulator power supply CPU kita, itulah sebabnya kita  menggunakan Stavol.

Yang di maksud adalah, ketika tegangan listrik menurun, secara otomatis stavol akan menaikkan tegangan listrik sampai ke nilai normal yaitu 220V AC, dan sebaliknya, ketika tegangan mulai meninggi,  stavol akan menurunkan tegangan ke voltase normal secara otomatis. Stavol juga sering di gunakan pada genset, agar voltage yang di hasilkan stabil.

Posting Komentar untuk "Stabilizer atau Stavol"