Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERBANDINGAN KAI – PLN: ADA PELUANG BISNIS LISTRIK



Jakarta, Listrikmart.com – Hari Rabu, 9 Oktober 2019 merupakan hari pertama dari agenda perayaan Hari Listrik Nasional atau HLN yang kw 74 untuk berita update listrik kali ini. Peringatan hari listrik ini dilakukan selama tiga hari, yaitu tepatnya pada tanggal 9 Oktober, 10 Oktober, dan 11 Oktober 2019. Perayaan ini digelar oleh MKI atau Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia serta dihadiri oleh Ignasius Johan selaku Menteri ESDM. Saat menyampaikan sambutan, Johan memberikan perbandingan antara kinerja PT KAI dan PT PLN yang mana pada acara tersebut juga dihadiri oleh para pelaku usaha listrik

Pendapat Johan Soal Usaha Listrik yang Sedang Berjalan

Johan menilai bahwa bisnis listrik yang berkembang cukup erat kaitannya dengan monopoli. Awalnya ia menyatakan bahwa rasio elektrifikasi warga Indonesia saat ini berada di angka 98,83%, dan ia berharap sampai akhir tahun 2019 ini angkanya mencapai 99 an persen. Ia menilai bahwa angka tersebut akan lebih dari 99 persen maka akan ada kabar manis atas kesuksesan kabinetnya di akhir periode kabinet nantinya.

 Berita update listrik yang dinyatakan oleh Ignasius Johan bahwa saat ini rata-rata per kapita penggunaan listrik warga Indonesia berada di angka 1200 kWh. Diharapkan penggunaan listrik ini bertambah seiringnya pertunbuhab ekonomi. Johan berasumsi menurutnya akan lebih baik jika pertumbuhan ekonomi naik sebesar 5% maka juga dibarengi dengan peningkatan peluang usaha listrik sebesar 7%. 

Adapun perbandingan yang dinyatakan oleh Johan pada berita update listrik ini adalah PLN diharapkan lebih kreatif seperti apa yang dilakukan PT KAI. Saat dirinya menjabat sebagai direktur PT KAI mereka memang sadar bahwa tidak ada saingan bisnis dan batasan utamanya hanyalah langit. Dengan berpikir demikian PT KAI ta akan menjalankan bisnis yang bersifat monopoli. Johan menyarankan supaya PLN lebih kreatif dalam berbisnis dan tidak bersikap monopoli.

Peluang Bisnis Atas Pernyataan Johan

Dalam berita tersebut memang benar adanya pernyataan Menteri ESDM kita ini. Seharusnya peluang bisnis listrik terus berkembang dan tidak ada unsur monopoli. Dengan sikap kreatif bisa muncul berbagai bisnis yang menggunakan bahan utama listrik.

Lalu pertanyaannya, bisnis apa yang bisa diwujudkan atas harapan Ignasius Johan ini? Jawabannya dapat terjawab dengan bekal sikap kreatif. Pebisnis bisa mencari ide-ide kreatif yang produknya menggunakan listrik. Jika PT KAI bisa dijadikan inspirasi, maka inspirasi untuk hal ini adalah adanya bisnis transportasi yang memanfaatkan listrik.

Inovasi mobil listrik atau kendaraan listrik dinilai cukup kreatif dan memiliki peluang besar untuk sukses di masa depan. Selain berdasar pada saran Menteri EDDM, usaha ini juga bisa meningkatkan penggunaan listrik rata rata per kapita serta menjaga lingkungan dengan tidak menambah polusi dan mengurangi ketersediaan minyak bumi.

 Penulis: Shara Listrikmart

Editor: Admin

Sumber: Detik


Posting Komentar untuk "PERBANDINGAN KAI – PLN: ADA PELUANG BISNIS LISTRIK"